MELIHAT DESA PERADABAN DI KABUPATEN PURWAKARTA


PURWAKARTA-Desa CUlngga Kecamatan Darangdan. Desa Sukahaji Kecamatan Tegalwaru dan Desa Karangmuku Kecamatan Bungursarl. merupakan desa di Kabupaten Purwakarta yang masuk nominasi sebagai Desa Membangun Menuju Desa Peradaban dlJawa Barat (Jabar).

Ketiga desa tersebut, memiliki karakteristik dalam pembangunan dan mensejahterakan masyarakatnya menuju desa man-dirt. Karenanya, bukanlah suatu kebetulan jika tiga dari lima desa yang diusulkan Pemerintah Kabupaten Purwakarta Itii termasuk dart 100 desa dart 17 kabupaten di Jawa Barat terpilih sebagai Desa Peradaban.

Menengok Desa Sukahaji Kec Tegalwaru. Kendati wilayahnya merupakan daerah tadah hujan, namun sektor pertanian, perkebunan dan perikanan alr tawar menjadi andalan perekonomian warga yang berada di hamparan wilayah seluas 248.527 hektar de-ngan Jumlah penduduk 2.606 Jiwa atau 743 kepala keluarga (KK).

Dengan terpilihnya menjadi Desa Peradaban, pemerintahan desa tersebut kim memprioritaskan delapan dak pembangunan yang tengah ditingkatkan. Kedelapan titik tersebut, kata Acep Kepala Desa Sukahaji. meliputi kesehatan, ekonomi, pendidikan, pembangunan Jalan, pemerintahan desa, keamanan dan ketertiban serta sarana olahraga.

Begltupula Desa Cilingga Kecamatan Darangdan yang berada di sebelah Timur Selatan Kabupaten Purwakarta dengan ketinggian 600 700 dari permukaan laut. Bidang pertanian, perdagangan dan peternakan menjadi penopang perekonomian 4.076 Jiwa atau 1.187 kepala keluarga (KK) yang berada di hamparan seluas 380.139 hektar.

Klswara, Kepala Desa CUlngga didampingi Ketua Bamusdes Ade Mulyana dan Ketua LPM Asep Saepudln menyatakan bahwa sekarang ini pihaknya tengah mengusulkan 10 titik pembangunan diantaranya meliputi bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, pemerintahan desa, keamanan dan ketertiban, lembaga kemasyarakatan serta potensi unggulan.

Usulkan Hma desa

Kabupaten Purwakarta yang menjadi pintu gerbang Ibukota Jakarta dan Ibukota Provinsi Jawa Barat, memiliki 183 desa dengan karakteristik yang berbeda-beda. Danjumlah tersebut, lima desa sebagai desa unggulan diantaranya diusulkan Pemerintah Kabupaten Purwakarta ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menjadi Desa Peradaban.

Ade Zaenudln SH Kepala Badan Keluarga Berencana Perlin-dungan Ibu dan Anak (BKBPIA) Kabupaten Purwakarta dldam-plngl Drs Asep Suparman Kabid Pemberdayaan menjelaskan, dart 183 desa yang ada di Kabupaten Purwakarta, lima desa dianta-ranya telah diusulkan untuk menjadi Desa Peradaban di wilayah Provinsi Jawa Barat.

Dari hasil survey Um Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat di lima desa masing-masing Desa Sukadaml Kecamatan Wanayasa. Desa Sukasari Kecamatan Sukasari. Desa CUlngga Kecamatan Darangdan. Desa Sukahaji Kecamatan Tegalwaru dan Desa Karangmuku Kecamatan Bungursarl ternyata ketiga desa tersebut yang terpilih.

Desa merupakan wilayah administrasi terkecil dalam sistem pemerintahan Indonesia. Jelas Ade Zaenudln. dan desa-desa di Jawa Barat memiliki karakteristik yang berbeda-beda begitupun di Purwakarta. Secara garis besar, desa di Jawa Barat dapat terklaslHkasl menjadi desa perkotaan dan desa di daerah pedesaan.

Dan secara umum, daerah pedesaan bercirikan struktur kegiatan penduduk berbasis agraris.kepadatan penduduk rendah, cara hidup maupun pola budaya dekat dengan pemanfaatan SDA. tempat tinggal penduduk berkelompok dan tersebar, potensi tenaga kerja dengan tingkat pendidikan balk serta mempunyai sistem organisasi sederhana.

Selain berada pada posisi terdepan dalam struktur pemerintahan di Indonesia, papar Ade. desa Juga memiliki basis yang kuat dan mendasar balk dalam otonomi maupun pembangunan. Desa dapat dikatakan sebagai agen pembangunan dan agen demokrasi dalam pembangunan sistem demokrasi di Indonesia.

Dengan posisi demikian, upaya memerankan desa merupakan bentuk artikulasi paradigma perencanaan pembangunan yang mengedepankan pendekatan partisipatif. Sehingga diharapkan, akan terlaksana pembangunan yang sinergis, efisien dan efektif serta meningkatnya Iklim demokrasi kepemerintahan dan pembangunan.

Lolos kriteria

Terpilihnya tiga desa di Purwakarta menjadi Desa Peradaban, Asep Suparman menambahkan, ketiga desa tersebut telah lolos dart kriteria yang ditetapkan yaitu memiliki potensi SDA yang dapat dikembangkan dan ditetapkan dengan keputusan desa. Memiliki potensi SDM yang dikembangkan dan ditetapkan dengan kepu – tusan desa.

Kecuali Itu Juga memiliki akses transportasi yang relatif memadai. Memiliki prodi desa dalam waktu dua tahun terakhir, memiliki RKPdes dan RPJMDes yang ditetapkan dan yang tidak kalah pentingnya yaitu desa-desa tersebut pernah menjadi Juara desa kurun waktu 2007-2009 di tingkat kabupten yang ditetapkan dengan keputusan bupati.

Ketiga desa Itu termasuk kategori desa berkembang, kata Asep sambi) menambahkan, dalam lomba desa ketiga desatersebut memiliki total skor 60 sampai 90 persen dan total skor maksimal tingkat perkembangan desa setiap tahunnya. Sehingga Um dart Pemprov menilai ketiga desa im masuk sebagai nominasi Desa Peradaban.

Sasaran dart program Ini. sambung dia. yaitu meningkatnya kuantitas dan kualitas Infrastruktur pedesaan. Meningkatnya perekonomian, meningkatnya kualitas pendidikan dan kesehatan. Meningkatnya lapangan pekerjaan di desa meningkatnya kinerja aparatur pemerintahan desa dan meningkatnya partisipasi masyarakat.

Dengan tujuan, meningkatkan proses percepatan pembangunan dalam mewujudkan tatanan desa membangun yang secara plslk memiliki potensi SDA. SDM. kelembagaan dan sarana/prasa-rana memadai menuju desa peradaban. Meningkatkan perilaku masyarakat yang mendukung pola hidup bersih, sehat, tertib dan aman serta kecintaan terhadap lingkungan.

Disamping Itu Desa Membangun Menuju Desa Peradaban Ini, Juga bertujuan untuk meningkatkan kesempatan berusaha dan bekerja serta terbukanya lapangan kerja baru yang merupakan hasil kreativitas dan inovasi desa dan menjadikan desa sebagai pusat kegiatan bagi masyarakat desa agar betah tinggal di desa.

“Dengan program Ini diharapkan dapat membantu pemerintah dan masyarakat desa mengatasi permasalahan yang ada di desa seperti peningkatan perekonomian desa melalui pengembangan badan usaha milik desa (BUMDes) serta menambah permodalan, teknologi dan pemasaran termasuk pembangunan Infrastruktur sarana dan prasarana pasllltas umum.

Dengan strategi yaitu mendorong tumbuh dan berkembangnya prakarsa dan swadaya gotong royong masyarakat, partisipasi masyarakat serta transparansi. Meningkatkan kapasitas kelembagaan dan oragnlsasl yang berakar pada masyarakat desa serta membangun sinergi berbagaikegiatan pembangunan yang dilaksanakan di desa.

Mendorong tumbuhnya kesalehan sosial, dengan wujud kesetiakawanan sosial dalam konteks pembangunan desa. Meningkatkan peran dan fungsi lembaga masyarakat (BPD.LPM. OKMS dan lembaga kemasyarakatan lainnya), terutama dalam menjalankan fungsi kontrol sosial terhadap pelaksanaan program-program pembangunan desa.(yan hendiayana)

SUMBER ;

http://bataviase.co.id/node/272736

5 responses to “MELIHAT DESA PERADABAN DI KABUPATEN PURWAKARTA

  1. waaahh ..
    desa tegalwaru hbat .. !!
    :’)

  2. Betul tapi yang paling utama budaya islam jngan ditingalkan

  3. bos saya pengen foto kantor kecamatan sukasari-purwakarta…

  4. Tapi yang bikin design untuk ke tiga desa tersebut sampe sekarang belum dibayar nech… gmn………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s