22.000 PERANGKAT DESA DI PURWAKARTA JADI PESERTA JAMSOSTEK


PURWAKARTA (SINDO) – Ini terobosan yang patut dicontoh pemerintah daerah (pemda) lainnya. Pemerintah Kabupaten Purwakarta memasukkan sekitar 22.000 perangkat desa dan pekerja sosial sebagai peserta Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek).
Dengan begitu, aparat pemerintahan hingga tingkat desa mendapat perlindungan asuransi. ”Kami sangat menghargai upaya Bupati Purwakarta yang memasukkan 22.000 perangkat desa dan pekerja sosialnya menjadi peserta Jamsostek. Langkah seperti ini bisa dicontoh oleh pemimpin-pemimpin di daerah lain agar memperhatikan aparatnya yang belum tersentuh asuransi,”ujar Direktur Utama PT Jamsostek Hotbonar Sinaga seusai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di Purwakarta, kemarin.
Kerja sama dengan pemda seperti ini,kata Hotbonar, baru terjadi di Purwakarta. Meski begitu,dia mengingatkan bahwa terobosan ini tetap harus mendapat dukungan dari DPRD setempat.Apalaginantinya anggota DPRD juga akan mendapat perlindungan yang sama. Menurut Hotbonar, para perangkat desa dan pekerja sosial di Kabupaten Purwakarta akan mendapatkan perlindungan berupa program jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK) dan jaminan kematian (JK).Dengan dua jaminan tersebut, Jamsostek siap memberikan pelayanan terbaik bagi pesertanya. ”Kami sudah mempersiapkan Pusat Pelayanan Kesehatan atau PPK untuk bisa melayani peserta Jamsostek dengan baik.
Mereka bisa datang ke seluruh puskesmas untuk berobat atau pun rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan Jamsostek,”jelas Hotbonar. Sementara itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengungkapkan, untuk menjadikan perangkat desa dan pekerja sosial menjadi peserta Jamsostek, Pemkab Purwakarta menganggarkan dana sebesar Rp10-12 miliar.Dana tersebut diambil dari hasil efisiensi keuangan khususnya dalam penggunaan listrik dan air.”Dana inilah yang dipakai untuk melindungi perangkat desa dan pekerja sosial melalui program Jamsostek atau asuransi,” jelas Dedi.
Menurut dia, perangkat desa yang diikutkan dalam program ini nonpegawai negeri sipil (PNS) atau yang statusnya masih pegawai tidak tetap (PTT).”Kalau bisa,tahun mendatang tidak hanya dua program yang diberikan, tapi ditambah dengan program jaminan hari tua atau JHT dan jaminan kecelakaan kerja atau JKK,”katanya. Dedi mengungkapkan, selain asuransi,diberikan pula kartu multiguna kepada 55.372 kepala keluarga yang berfungsi sebagai pengganti surat keterangan tidak mampu (SKTM). Kartu ini pun dapat digunakan untuk bukti sebagai rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSPM) Raskin.
Kepala Kantor Jamsostek Cabang Purwakarta Dadang Kusnadi menyebutkan, mereka yang disertakan dalam program adalah kepala desa, kepala dusun,Ketua RW/RT, paraji (dukun beranak), imam masjid, guru mengaji, ketua karang taruna, anggota Badan Musyawarah Desa,ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, anggota Perlindungan Masyarakat,petugas pos KB,kader posyandu aktif, dan amil. ”Kami terus aktif menggaet para pekerja informal untuk bisa menjadi peserta Jamsostek. Sedikitnya saat ini di Kabupaten Purwakarta ada 1.000 peserta informal,”ujarnya. Sebelumnya, Hotbonar pernah menyebutkan, dari sekitar 67,86 juta orang yang berpotensi menjadi peserta Jamsostek sektor pekerja informal, baru sekitar 223.000 orang atau 0,3% saja yang menjadi peserta.
Pekerja informal yang terdaftar di antaranya pengemudi ojek, pedagang pasar, sopir, nelayan, petani, kuli panggul, dan seniman.Pendapatan pekerja informal yang lebih rendah dari pekerja formal menjadi kendala utama suksesnya program jamsostek LHK.Sebagian di antara mereka penghasilannya tidak menentu.
PT Jamsostek telah memperluas cakupan skema jaminan kepada pekerja sektor informal sejak diterbitkannya Permenakertrans No24/VI/2006 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Sosial bagi Tenaga Kerja yang Melakukan Pekerjaan di Luar Hubungan Kerja. (rakhmat baihaqi/asep supiandi)
SUMBER :

http://purwakartakab.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=222:22000-perangkat-desa-di-purwakarta-jadi-peserta-jamsostek&catid=35:terkini&Itemid=92

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s