SENTRA KERAMIK – ANJUN PLERED PURWAKARTA


Pernah melihat atau membeli celengan dari tanah liat yang beragam rupa bentuk dan warna, misalkan berbentuk ayam jago atau kelinci? Pernahkah terpikirkan oleh kita, dimanakah hasil kerajinan tanah liat ini dibuat? Salah satu tempat pembuatan kerajinan jenis gerabah atau tembikar atau terkenal dengan sebutan keramik yang tidak jauh dari Jakarta, yaitu Plered Purwakarta Jawa Barat. Keramik yang dihasilkan di sini, tidak saja di pasarkan di Indonesia, tetapi sudah merambah ke mancanegara, sebagai salah satu produk ekspor daerah Purwakarta.

Perjalanan ke Plered Dalam perjalanan wisata Anda menuju kawasan Wisata Jatiluhur, ke Kota Purwakarta atau hendak ke Waduk Cirata, Anda dapat menyempatkan untuk bersinggah ke Plered, sebagai daerah yang sejak lama terkenal sebagai Sentra Industri Keramik. Tidak hanya melihat-lihat atau membeli kerajinan keramik, tetapi Anda juga dapat melihat cara pembuatan berbagai keramik hiasan yang sangat menarik, sebagai satu sarana pendidikan. Jarak setelah keluar pintu tol Purwakarta-Jatiluhur-Ciganea, berkisar 9 KM menuju Anjun Plered, atau berkisar 13 KM dari Kota Purwakarta.

Plered adalah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Purwakarta, Propinsi Jawa Barat, yang dapat ditempuh dari Jakarta melalui jalan tol Cikampek – Purbaleunyi dengan jarak tempuh berkisar 1,5 – 2 jam perjalanan. Selepas pintu tol Jatiluhur-Purwakarta-Ciganea Km.84, teruskan perjalanan ke arah Bandung melalui jalan lama (Jakarta-Bandung, sebelum ada tol Purbaleunyi / Cipularang), Anda akan melewati pusat penjualan peyeum Bendul Sukatani, lanjut ke depan beberapa kilometer akan menemui petunjuk jalan (lurus ke Bandung, dan ke kanan menuju Sentra Industri Keramik Plered dan Cirata), dan persis dipertigaan tersebut ada monumen / tugu Plered, sebagai Sentra Industri Keramik. Di tempat inilah, Anda akan menemukan banyaknya pedagang kerajinan keramik Plered yang berjejer di sepanjang jalan Anjun, dari yang bersekala kecil, menengah sampai yang besar.
Anjun PleredSentra Industri Keramik Plered yang menghasilkan berbagai keramik hiasan dan perlengkapan rumah tangga, dapat kita jumpai banyak di Desa Anjun (Jalan Anjun Plered). Dari selepas tugu Plered sampai beberapa kilometer ke depan arah Citeko, berjejer aneka hiasan keramik di pajang di depan toko atau rumah-rumah penduduk, cukup menarik perhatian bila melintas di jalan ini.  Berbagai ragam kerajinan keramik dari yang berukuran kecil, sedang sampai yang besar, dengan ragam warna dan bentuk, menghiasi sepanjang jalan Anjun.

 

SUMBER :

http://www.promolagi.com/tips_det.php?tip=276

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s