PURWAKARTA MENUJU PUSAT WISATA


PURWAKARTA sebenarnya kaya akan objek wisata, mulai dari wisata air hingga pegunungan. Meski diakui, nama Purwakarta sendiri memang tidak sepopuler daerah wisata lainnya seperti Bogor ataupun Bandung, karena kurang terekspos.

Namun, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, yang berlokasi tak jauh dari kota Jakarta, yakni sekitar 68 km dari pusat Ibu Kota, mempunyai segudang pesona dan dapat menjadi kota alternatif untuk berlibur.

Semenjak berfungsinya Tol Cipularang yang menghubungkan Jakarta dan Bandung, Purwakarta menjadi pusat persinggahan dan kawasan peristirahatan atau resor area yang layak dikunjungi.

Pesona wisata Purwakarta juga sangat menjanjikan, seperti Waduk Jatiluhur, Danau Cirata, Curug Cijalu, Situ Wanayasa, Curug Cipurut, Curug Agung, sumber air panas Ciracas, Desa Wisata Bojong, dan Situ Buleud.

Waduk Jatiluhur, misalnya, menawarkan berbagai kegiatan wisata dan olahraga air seperti mendayung, selancar angin, dan ski air. Waduk Jatiluhur yang memiliki luas 30 ribu hektare itu merupakan waduk terbesar di Indonesia sekaligus menjadi pusat pembangkit listrik tenaga air (PLTA) terbesar.

Terletak di Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, waduk tersebut juga menampilkan panorama danau dan memiliki fasilitas rekreasi seperti hotel dan bungalo, restoran, perkemahan, kolam renang. dan sarana rekreasi lainnya.

Kemudian terdapat kawasan wisata Danau Cirata yang tersebar di tiga kabupaten, yaitu Purwakarta, Cianjur, dan Bandung. Danau Cirata memiliki luas 62 km dan terletak sekitar 220 meter di atas permukaan laut serta dikelilingi bukit-bukit indah. Daya tarik lainnya ialah panorama air dan darat yang potensial untuk pusat wisata alam terbuka dan pengembangan potensi agrobisnis.

Selain itu, terdapat Curug Cijalu yang terdiri dari hutan alam dan hutan tanaman. Curug Cijalu menyajikan air terjun dengan hutan alam serta udara sejuk dan hutan tanaman yang cocok untuk kegiatan piknik, mandi air terjun, lintas alam, dan mendaki gunung.

Objek wisata lain yang tak kalah menariknya adalah wisata alam Situ Wanayasa. Situ Wanayasa terletak sekitar 23 km dari Kota Purwakarta dan menyatu dengan alam pegunungan Burangrang yang berudara sejuk.

Luas situ sekitar 7 hektare sehingga cocok untuk desa wisata yang dikelilingi pohon, bukit hijau, dan air danau alami yang dapat digunakan untuk rekreasi air berupa pemancingan, sepeda air, dan sarana outbound. Wisatawan yang berkunjung ke Situ Wanayasa juga dapat menikmati aneka makanan tradisional seperti bandrek, comro, getuk, hingga buah manggis wanayasa yang sudah diekspor ke berbagai negara.

Sekitar 8 kilometer dari Situ Wanayasa, terdapat Curug Cipurut, Curug Agung, dan sumber air panas Ciracas. Curug Cipurut berada dalam Cagar Alam Gunung Burangrang dan pengelolaannya dilakukan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat. Wisatawan dapat melakukan aktivitas seperti berendam, berkemah, dan mendaki.

Bukan hanya objek wisata, Purwakarta juga terkenal dengan kuliner khas yang nikmat dan selalu dirindukan seperti satai maranggi dan soto sadang. Wisatawan juga dapat menikmati berbagai peninggalan bersejarah dan keagamaan, serta atraksi kesenian daerah. Oleh karena itu, sudah sepantasnya Purwakarta menjadi destinasi wisata yang harus dikedepankan. (S-1)

SUMBER :

http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/index.php/read/2010/06/25/949/2/Purwakarta-Menuju-Pusat-Wisata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s