POLISI RAZIA HELM PENGENDARA SEPEDA MOTOR DIPURWAKARTA


Polisi lalu lintas dari Kepolisian Resor Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat melakukan razia terhadap pengendara sepedamotor yang menggunakan helm yang tidak mengikuti Standar Nasional Indonesia (SNI).
Sekitar 200 helm yang tidak berlabel SNI, disita polisi lalu lintas dari Kepolisian Resor Kabupaten Purwakarta. Helm-helm itu diambil dari para pengendara motor yang melintas di Jalan Sudirman saat operasi penertiban lalu lintas berlangsung Kamis (15/10).

Tujuan penyitaan untuk mencegah masyarakat kembali menggunakan helm yang tidak menggunakan SNI. “Dengan ini diharapkan, pengendara sepedamotor akan mengganti helm mendapatkan label SNI,” ujar Kepala Unit Lalu Lintas Polres Purwakarta, Ipda Iwan Rasiwan saat ditemui di lapangan.
Sebelum menggelar operasi penertiban helm, polisi mengaku telah mengadakan sosialisasi selama tujuh bulan. Sosialisasi itu bertujuan memperkenalkan Undang Undang Lalu Lintas Nomor 2 Tahun 2009, Pasal 291 Ayat 1 dan Ayat 2 Jo Pasal 106 Ayat 8.
Sesuai dengan UU tersebut, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar akan dikenai sanksi berupa denda sebesar Rp 250.000 per orang.
Selain helm, polisi juga melakukan sosialisasi penyalaan lampu di siang bagi pengendara motor. Bagi pengendara yang tidak menyalakan lampu, dikenai sanksi denda Rp 100.000.(NIK/ZBJ/kcm)

SUMBER  :

http://www.surya.co.id/2009/10/17/polisi-razia-helm-pengendara-sepedamotor-di-purwakarta.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s