11 PETUGAS BERMOTOR SIAP URAI KEMACETAN DI PURWAKARTA


Polres Purwakarta menyiagakan 11 petugas bermotor yang akan mengurai arus bila terjadi kepadatan, selepas pintu keluar GT Cikopo, Kec Bungursari, Kab Purwakarta.
“Selain mengatasi kepadatan di sekitar GT Cikopo, 11 petugas bersepeda motor ini juga mengurai kepadatan disekitar GT Sadang. Mereka inilah diharapkan mampu mengurai arus sehingga kepadatan terhindar,” jelas AKP Sudewo, Kasat Lantas Polres Purwakarta, di Cikopo, Jumat (3/9).
Menurutnya, untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan saat puncak arus mudik yang diperkirakan jatuh pada hari Selasa (7/9) atau Rabu (8/9) mendatang, pihaknya akan memberlakukan sistem satu arah.

Sedangkan gerbang masuk ke tol Cikampek-Jakarta akan dialihkan ke gerbang tol Kalihurip melalui kawasan Kot Bukit Indah Purwakarta.
Skenario lain yang disiapkan guna mengantisipasi bila terjadi kepadatan arus di Pantura Subang, sambung Sudewo, pihaknya akan memasang trelling dimulai pintu keluar gerbang tol Cikopo hingga ke pertigaan Mutiara.
“Jika kepadatan kendaraan menuju Pantura mulai terjadi, trelling ini akan memisahkan arus kendaraan dari arah Pantura menuju gerbang tol Cikopo dan sebaliknya. Jalan dari arah Cikopo menuju pertigaan Mutiara menjadi tiga jalur, sedangkan dari Pantura hanya satu jalur,” ungkapnya.
Sudewo menjelaskan, pemasangan trelling itu untuk mencegah perpotongan kendaraan di jalan raya tersebut. “Di sekitar jalan raya dari mulai gerbang tol Cikopo sampai persimpangan Mutiara terdapat rumah makan, SPBU dan tempat peristirahatan lainnya yang rawan menimbulkan perpotongan arus,”tandasnya.
Pantauan Pos Kota di GT Cikopo, Jumat (3/9) sore mengisyaratkan, hingga H-7 atau Jumat (3/9), kepadatan arus kendaraan pemudik dari DKI Jakarta menuju Jateng, Jatim, Bali dan NTB, melalui pantura Subang yang dikeluar di GT Cikopo mulai terasa dengan intensitas volume rata rata 40 kendaraan/menit.
Meski demikian, kondisi padat merayap masih mampu diantisipasi petugas Polres Purwakarta yang siaga penuh hingga pertigaan Mutiara. Petugas di Pospam Cikopo memprediksi arus pemudik akan terus mengalir selepas tarawih hingga Sabtu (4/9) pagi. (dadan/dms)

SUMBER :

http://www.poskota.co.id/berita-terkini/2010/09/03/11-petugas-bermotor-siap-urai-kemacetan-di-purwakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s