MELONGOK TERMINAL PLERED, DIBIARKAN MUBAZIR MENJADI BANGUNAN YANG TAK BERTUAN


TERMINAL angkutan umum Plered sudah lebih dari lima tahun dibiarkan mubazir. Sejak selesai dibangun, sub terminal ini nyaris tak pernah sukses dioperasikan karena kendaraan umum menolak masuk. Sekarang, aset milik Pemkab Purwakarta ini terbengkalai dan tak terurus.
Terminal seluas kurang lebih setengah hektar dan tak berperabot ini dibiarkan berselimut debu dan dijadikan sarang laba-laba. Rumput dan ilalang juga dibiarkan tumbuh subur di real pangkalan atau terminal ini. Hampir tiap hari areal pangkalan ini malahan terlihat digunakan para penggembala kambing berikut hewan piaraannya.
Tidak jelas akan dialih fungsikan apa aset yang sudah lama mubazir ini. Ketua DPW Organda kab Purwakarta Jian Syahri belum lama ini mengatakan, pihaknya pun belum mendapat informasi terkait rencana pengoperasian kembali atau mengalihfungsikan aset tersebut. Dia juga tidak tahu pasti apa yang menjadi penyebab pangkalan kendaraan umum di Plered itu hingga sekarang ini terkesan gagal dioperasikan.
Dikatakan Jian Syahri, sejak dirinya bertugas menjadi Ketua Organda, sub terminal tersebut sudah tidak difungsikan. Dia memperkirakan, mubajirnya pangkalan tersebut bisa jadi karena lokasinya yang tidak strategis karena berada di dekat simpang jalan dan terlalu jauh dengan lokasi pasar dan tempat bertemunya warga didaerah setempat. Kalau dioperasikan, lanjut dia, kendaraan yang keluar-masuk sub terminal bisa mengganggu arus lalu lintas selain menambah beban ongkos para calon penumpang.
Terkait hal itu, Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Pos dan Telekomuniksi Kabupaten Purwakarta, Iyus Permana, ketika dihubungi mengatakan rencana pengoperasian terminal Plered masih dilihat dan diseuaikan dengan situasi dilapangan. Bahkan, ia menyampaikan ketika pun terminal Pelred dioperasikan hal itu masih kurang belaku efektif lantaran keberadaan terminal masih belum strategis. “Kedepan (tahun 2011) terminal direncanakan dipindah ke perempatan Simpang, “singkat Iyus Permana.

 

SUMBER :

http://radarkarawangnews.blogspot.com/2010/02/melongok-terminal-plered-dibiarkan_02.html

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s